Rabu, 31 Oktober 2012

Tips Manajemen Waktu

Waktu begitu berharga bagi seorang remaja muslim. Dapat dilihat, kebanyakan kita kurang dapat memenej waktu dengan baik. Akhirnya, semua tugas jadi tertunda dan tertunda. Jadinya menumpuk dan urusan yang lebih urgent jadi terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang bermanfaat bagi kita untuk memenej waktu.

1. Use a To Do List

Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan. Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan

2. Get Set In Your Ways

Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.

3. Break It Up!

Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah menyelesaikan tiap langkah satu persatu.

4. Be Realistic

Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.

5. Pick Up a Good Habit

Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih berharga.

6. Big MessesStart With Little Piles

Selesaikan pekerjaan kamu. Buang segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan.

7. Start Tomorrow Tonight!

Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan besok pada malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju yang akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya, karena ini akan membuat waktu kita lebih efisien.

8. Don’t Forget To Write Yourself a Note

Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!

9. Schedule a Task

Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.

10. First Things First

Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal pada waktu yang sesuai. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. Covey ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency (kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu:
(1) urgent dan important,
(2) tidak urgent tapi important,
(3) urgent tapi tidak important,
(4) tidak urgent dan tidak important.

11. Learn to Say No!

Belajar untuk menolak ajakan yang tidak penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus terhadap waktu kita. Stay focus!

12. The Pause that Refreshes

Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?”

13. Be Flexible

Untuk membiasakan diri dengan manajemen waktu yang efektif membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal kamu fleksibel dengan waktu yang ada.
Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Al Fawaid berkata,
اِضَاعَةُ الوَقْتِ اَشَدُّ مِنَ الموْتِ لِاَنَّ اِضَاعَةَ الوَقْتِ تَقْطَعُكَ عَنِ اللهِ وَالدَّارِ الآخِرَةِ وَالموْتِ يَقْطَعُكَ عَنِ الدُّنْيَا وَاَهْلِهَا
Menyia-nyiakan waktu itu lebih parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari (mengingat) Allah dan negeri akhirat. Sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.
Semoga Allah memudahkan kita untuk memanfaatkan waktu kita dengan baik.


Anda mungkin telah pernah mengikuti seminar mengenai manajemen waktu, dan mungkin anda sudah sering membaca buku untuk mempelajari bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Anda mungkin juga telah membuat serangkaian perencanaan di buku atau bahkan gadget yang khusus untuk mengatur jadwal anda.

Tapi apakah Anda benar-benar membutuhkan semua gadget dan buku itu?
Apakah Anda tidak bisa mengatur pekerjaan Anda tanpa alat-alat itu?

Jawabannya sangat sederhana.

Semua hal peralatan dan gadget yang Anda pakai untuk mengorganisir waktu Anda tidak akan berguna.

Sebelum Anda bisa mengatur waktu Anda, Anda sendiri harus memahami arti dari waktu. Dalam kamus waktu dijelaskan sebagai sebuah periode atau titik dimana suatu hal terjadi.
Ada dua jenis waktu, waktu pada jam dan waktu sebenarnya (waktu nyata).

Dalam waktu pada jam, ada 60 detik dalam satu menit, 60 menit dalam satu jam, dua puluh empat jam dalam sehari dan 365 hari dalam setahun.

Waktu ini berlalu sama cepatnya. Saat seseorang berusia 50, mereka benar-benar berusia 50. Tidak ada yang kurang ataupun lebih.

Dalam waktu sebenarnya atau waktu nyata, semua waktu itu relatif.

Waktu bisa berlalu tergantung dengan apa yang Anda lakukan. Dua jam dalam sebuah pabrik motor bisa terasa seperti dua belas tahun. Dan dua belas tahun masa kanak-kanak anda bisa terasa seperti dua jam saja.
Jenis waktu yang mana yang mewakili Anda di kehidupan Anda?

Alasan mengapa semua gadget, peralatan dan sistem pengaturan waktu yang Anda gunakan tidak akan berhasil adalah karena semua sistem dan gadget yang Anda miliki itu hanya mengatur waktu pada jam. Waktu pada jam tidak relevan. Anda tidak tidak memiliki akses pada waktu tersebut. Anda hidup di waktu yang nyata, sebuah dunia dimana waktu berjalan begitu cepat saat Anda bahagia, dan terasa begitu lambat saat Anda melakukan hal yang tidak Anda suka.

Berita baiknya adalah bahwa waktu nyata itu terkait dengan mental dan pola pikir. Anda dapat menciptakannya. Apapun yang dapat Anda ciptakan, pasti dapat anda atur. Ini saatnya untuk membuang segala jenis sabotase diri, dan pembatasan diri.

Tidak ada lagi alasan “tidak memiliki waktu yang cukup” atau  “hari ini bukanlah waktu yang tepat” untuk memulai suatu hal.

Hanya ada tiga cara untuk menghabiskan waktu: berpikir, bercakap-cakap, melakukan sesuatu.

Terlepas dari tipe bisnis yang Anda jalani saat ini, bisnis Anda tidak akan terlepas dari ketiga hal ini.
Sebagai seorang pengusaha, waktu yang Anda miliki pasti akan sering terbagi.
Saat Anda tidak bisa menghilangkan interupsi-interupsi itu, Anda harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang harus Anda luangkan untuk interupsi tersebut, dan berapa banyak waktu yang harus anda luangkan untuk berpikir, berinteraksi dengan orang lain, dan mengambil tindakan untuk kesuksesan bisnis Anda.

Praktekan ke-sepuluh teknik di bawah ini untuk menguasai pengaturan waktu Anda!
  1. Bawalah jadwal, dan ingatlah seluruh isi pemikiran Anda, percakapan, dan kegiatan yang harus Anda lakukan selama seminggu. Ini akan membantu Anda untuk memahami berapa banyak hal yang dapat Anda selesaikan dalam satu hari, dan kapan waktu-waktu berharga Anda akan berlalu. Anda akan dapat melihat berapa banyak waktu yang Anda luangkan untuk mencapai hasil, dan berapa banyak waktu yang telah Anda buang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.
  2. Segala kegiatan dan percakapan yang penting untuk kesuksesan Anda harus ada jangka waktunya. List pekerjaan Anda akan bertambah sangat banyak jika Anda mengisinya dengan hal-hal yang tidak bisa dikerjakan. Buatlah jadwal untuk diri Anda sendiri dimana Anda bisa meluangkan waktu untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang produktif bagi diri Anda. Lakukanlah hal ini secara disiplin.
  3. Rencanakanlah setidaknya 50% dari waktu yang Anda miliki untuk menghasilkan hal yang produktif.
  4. Rencanakanlah waktu untuk beristirahat, menarik diri dari semua kesibukan yang Anda miliki.
  5. Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai aktivitas Anda sebelum Anda selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam hari Anda adalah saat dimana Anda merencanakannya.
  6. Luangkan waktu selama 5 menit untuk setiap undangan dan keputusan yang harus Anda datangi dan Anda ambil. Ini akan membantu Anda memperlihatkan prioritas yang harus diutamakan, dan membuat Anda merasa bahwa waktu tidak berlalu begitu cepat. Luangkan pula 5 menit setelah aktivitas atau keputusan yang Anda ambil untuk menentukan apakah target yang Anda tentukan hari ini tercapai atau tidak. Apakah ada yang terlewat, atau tidak.
  7. Jangan ragu-ragu untuk menolak interupsi dari siapapun juga saat Anda benar-benar harus mengerjakan sesuatu sampai selesai.
  8. Berlatihlah untuk tidak mengangkat semua telepon yang masuk, atau mengecek e-mail yang masuk hanya karena handphone Anda berdering. Matikanlah koneksi telepon Anda. Jangan berikan perhatian Anda secara mudah kepada orang lain kecuali hal itu benar-benar krusial dalam bisnis Anda. Jika hal itu benar-benar menentukan bisnis Anda kedepannya, Anda malah harus menyediakan jadwal khusus untuk meladeninya.
  9. Blokirlah semua hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti Facebook dan sosial media yang lain, kecuali Anda menggunakan hal itu untuk membantu bisnis Anda.
  10. Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya. Dan ingatlah bahwa hal yang baik adalah membuat dua puluh persen kegiatan Anda menghasilkan delapan puluh persen dari hasil anda.

Selasa, 30 Oktober 2012

Gaya Hidup Islami Menurut Rahbar

Rahbar atau Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran, Ayatullah al-Udzma Sayid Ali Khamenei menilai generasi muda memiliki banyak poin positif dan menjadi harapan negara. Rahbar dalam pertemuan dengan ribuan mahasiswa, pelajar dan pemuda Khorasan Utara yang digelar pada hari Ahad (14/10) menyebut gaya hidup sebagai bagian terpenting dan hakiki bagi sebuah kemajuan dan upaya membangun peradaban Islam yang baru.   
 
Di pertemuan ini Rahbar berusaha menjelaskan kepada generasi muda soal gaya hidup sejati guna menemukan kehidupan ideal. Dalam pandangan Rahbar tujuan utama Revolusi Islam Iran adalah membangun peradaban baru Islam dan gaya hidup merupakan salah satu bagian utama dari revolusi ini. Terkait hal ini Rahbar mengatakan, "Peradaban baru memiliki dua unsur: Unsur pertama adalah sarana dan kedua adalah unsur pokok dan dasar... Kita harus menggapai keduanya."
 
Seraya mengajak para cendekiawan dan kaum pemikir untuk mengulas masalah ini dan membahas patologi bagi gaya hidup yang ada saat ini di Iran serta memikirkan cara penanganannya, beliau mengatakan, "Kemajuan di ranah ilmu, industri, ekonomi dan politik yang merupakan komponen penting bagi peradaban Islam adalah sarana untuk memperoleh gaya gaya dan budaya hidup yang benar sekaligus jalan untuk meraih kedamaian, keamanan, ketinggian dan kemajuan yang hakiki."
 
Kemajuan, kata Ayatollah al-Udzma Khamenei, mengandung makna gerakan, jalan dan perubahan. Beliau menambahkan, "Dalam kesimpulan apapun yang diambil dari kemajuan yang tak kenal kata henti (baik kesimpulan materi maupun spiritual) gaya hidup, perilaku sosial, dan metode kehidupan punya signifikansi yang besar."
 
Mengenai gaya hidup dan kaitannya dengan peradaban baru Islam, beliau menandaskan, "Jika kemajuan universal diartikan dengan membangun peradaban baru Islam, maka peradaban ini akan memiliki dua unsur, yaitu sarana dan hakikat. Dan masalah gaya hidup adalah unsurnya yang hakiki."
 
Seraya menyatakan bahwa kedua unsur itu harus diwujudkan dalam peradaban Islam, Pemimpin Besar Revolusi Islam menegaskan, "Unsur sarana atau perangkat keras peradaban ini berhubungan dengan hal-hal yang dalam kondisi dunia saat ini disebut sebagai lambang kemajuan seperti sains, penemuan, ekonomi, politik, wibawa di pentas internasional, dan semisalnya."
 
Beliau menambahkan, "Dalam kaitan ini, kita sudah membukukan kemajuan yang cukup bagus. Tapi harus diingat bahwa semua prestasi itu terkait dengan unsur sarana untuk meraih unsur hakiki dan piranti lunak bagi peradaban Islam, yaitu gaya hidup."
 
Berbicara mengenai gaya dan budaya hidup, Rahbar menyinggung berbagai masalah seperti keluarga, pernikahan, model rumah, jenis pakaian, gaya konsumsi, hiburan, pekerjaan serta perilaku individu dan sosial di berbagai lingkungan. Beliau mengatakan, "Gaya hidup kembali kepada semua permasalahan yang membentuk kehidupan manusia."
 
Ayatollah al-Udzma Khamenei menjelaskan aturan Islam dalam masalah gaya hidup. "Dalam Islam ada istilah akal kehidupan yang maknanya sama dengan gaya dan budaya hidup, dan al-Qur'an dalam banyak ayat sucinya membahas masalah ini," kata beliau.
 
Menurut beliau, tanpa kemajuan pada unsur hakiki peradaban Islam yaitu gaya hidup, maka tujuan dari proses membangun peradaban yang besar ini tak akan bisa tercapai. "Sayangnya, dalam masalah ini kita tidak berhasil mengukir prestasi yang signifikan seperti yang kita raih di bagian pertama yang berhubungan dengan ranah keilmuan, industri dan semisalnya," imbuh beliau.
 
Rahbar menyebut patologi dan penelitian untuk mencari faktor penghalang kemajuan menyangkut gaya hidup sebagai satu keharusan. Beliau mengajak para cendekiawan, pemikir dan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan untuk membahas masalah ini dan mencarikan jalan keluar terbaik.
 
Menyebut masalah gaya hidup sebagai topik pembahasan yang baru di Iran, Pemimpin Besar Revolusi Islam memberikan permisalan bahasan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan. Mengapa di Iran budaya kerja berkelompok lemah? Mengapa dalam hubungan sosial hak orang lain sering dilanggar? Mengapa angka perceraian di sejumlah daerah tinggi? Mengapa para pengemudi kendaraan tidak terlalu mengindahkan aturan lalu lintas? Apa saja aturan hidup di apartemen dan apakah aturan itu diindahkan? Apakah model yang ideal bagi hiburan yang sehat? Apakah dalam keseharian kita selalu berbicara jujur? Sejauh manakah masyarakat tercemari kebiasaan berbohong? Apakah yang memicu tindakan brutal dan ketidaksabaran dalam hubungan bermasyarakat?
 
Rahbar juga mengajukan pertanyaan mengenai, Selogis apakah model pakaian dan tatanan kota yang ada saat ini? Apakah hak-hak masyarakat dijaga di internet dan media massa? Apa penyebab munculnya penyakit berbahaya berupa kecenderungan melanggar hukum pada diri sebagian orang? Seberapa besar dedikasi kita dalam bekerja? Sejauh manakah kepedulian kepada kualitas produksi lokal? Mengapa masih banyak ide cemerlang yang hanya bertahan di tahap kata-kata dan impian? Berapa jamkah kerja manfaat yang dilakukan di kantor-kantor? Apa yang harus kita lakukan untuk memberantas riba'? Apakah hak-hak suami, istri, dan anak-anak diindahkan secara penuh dalam keluarga? Mengapa sebagian orang bangga dengan konsumerisme? Apa yang harus kita lakukan supaya perempuan bisa tetap menjaga kehormatan keluarganya dan di saat yang sama dapat melaksanakan tugas sosialnya dengan baik?
 
Di kesempatan tersebut, Rahbar juga menyinggung peradaban Barat. Budaya Barat dibentuk atas dasar meterialisme dan hanya memperhatikan sisi luar kehidupan manusia. Ideologi ini tidak terlalu mementingkan ajaran mendalam kemanusiaan. Namun di sini pertanyaan yang muncul adalah apakah manusia di kehidupannya hanya membutuhkan sarana dan kemudahan dalam mengarungi kehidupan. Apakah sisi batin manusia juga menuntut hal-hal materi, ketenangan jiwa manusia apakah dapat dipenuhi dengan harta dan uang?
 
Di sini Ayatullah al-Udzma Khamenei menandaskan, "Esensi budaya Barat adalah gaya hidup meterial, pemenuhan tuntutan syahwat dan bergelimang dosa. Budaya Barat anti spiritualisme... Oleh karena itu, syarat utama untuk membentuk  budaya baru Islam adalah tidak mengikuti budaya Barat." Beliau menjelaskan, pada dasarnya budaya Barat adalah budaya agresi. Jika menyebar di sebuah negara, dengan alasan apapun, maka budaya tersebut akan menghancurkan budaya dan jatidiri bangsa itu. Di negara-negara Barat dan masyarakat yang mengekornya, perilaku dosa besar seperti praktik homoseksual, fenomena kehancuran rumah tangga, dan berbagai problema besar lainnya dipandang sebagai hal yang biasa.
 
Lebih lanjut Ayatollah al-Udzma Khamenei mengungkap skenario Barat dalam mengenalkan dan menyebarkan budayanya di dunia khususnya di Dunia Islam dengan berbagai cara, yang salah satunya dan yang terpenting adalah seni sinema. Mereka melibatkan para pakar untuk membantu mengenal kelemahan bangsa-bangsa di dunia khususnya umat Islam, sebelum akhirnya membuat dan menyebarkan film-film yang mengenalkan budaya dan gaya hidup ala Barat.
 
Beliau menegaskan, "Dalam hal ini, para pejabat negara dan rakyat secara umum harus mempertahankan budaya bangsa dan negara ini." Pemimpin Besar Revolusi Islam menyayangkan adanya sebagian kalangan yang meniru gaya hidup Barat di tengah masyarakat Iran. "Fenomena ini harus diperbaiki secara perlahan dengan cara sosialisasi," kata beliau.
 
Rahbar juga  mengimbau untuk sepenuhnya menolak gaya hidup ala peradaban Barat, Rahbar menggarisbawahi, "Kami tidak menginginkan konfrontasi dengan Barat. Yang kami katakan adalah bahwa sesuai penelitian yang sudah dilakukan, mengikuti Barat tidak mendatangkan manfaat bagi bangsa manapun."(IRIB Indonesia)

Minggu, 28 Oktober 2012

Imam Khomeini: Kepribadian Rasulullah Saw (Bagian Kedua)

Dalam Islam, Nabi Muhammad Saw bangkit dari orang-orang tertindas dan dengan bantuan mereka, beliau menyadarkan kelompok arogan di masanya atau mengalahkannya. (Sahifah Imam, jilid 7, hal 327)
 
* * *
 
Ketika kita menyaksikan sejarah Islam dan mengkaji Islam dan orang-orang yang mengikutinya dapat kita saksikan betapa di awal kemunculan Islam Rasulullah Saw berasal dari kaum papa; "Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri ..." (QS. 3: 16) Maksud ayat ini beliau berasal dari golongan miskin, bukan berasal dari manusia.
 
Kalangan yang tidak punya ini adalah Mukminin. Allah Swt memberikan kepada mereka seseorang dari mereka yang duduk dan makan bersama mereka. Sebagaimana Rasulullah Saw hidup di masjid, begitu juga beliau hidup dan berinteraksi dengan mereka. Dari masjid itu juga beliau mempersenjatai mereka dan membawa pasukannya yang dipilih dari orang-orang ini untuk menghancurkan kekuatan-kekuatan besar. Pasukan yang siap menghadapi segala ancaman musuh. (Sahifah Imam, jilid 9, hal171) (IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)
 
Sumber: Sire-ye Nabavi; Gozideh-i az Kalam va Andisheh Imam Khomeini ra, Tehran, 1383, Moasseseh Tanzim va Nashr Asar Emam Khomeini.

Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Memasang Kabel UTP Tipe Straight dan Cross

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, kenapa artikel cara memasang kabel UTP tipe straight dan cross baru saya posting hari ini. Seharusnya cara setting kabel untuk jaringan sudah lebih dahulu saya posting sebelum saya memposting artikel tentang membuat jaringan (LAN) antar 2 komputer. Hal ini disebabkan, pada artikel Dunia Komputer yang tersebut, seorang teman sempat meminta saya untuk memposting artikel tentang setting kabel UTP tipe cross dan straight.
Saya diibaratkan seperti memberi semangkok bakso tanpa memberikan sendok. Malah sedoknya saya suruh beli sendiri di toko komputer. Begitu komentarnya. Saya ngomong komputer koq malah di ajak ngomong bakso. ha..ha.. Ada-adanya tuh sobat Ipin. Terima kasih masukkanya sobat. Saya sangat butuh masukkan seperti itu. Nah untuk menjawab pertanyaan dari sobat Ipin, langsung saja ya saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe straight dan cross. Biar artikelnya ga kepanjangan. Nanti Anda malah malas membacanya.
Sebelum Anda praktek, ada beberapa hardware yang perlu Anda siapkan, diantanranya:
  1. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP yang biasa dipakai adalah kabel UTP categori 5 (UTP Cat 5). Kenapa? Karena kabel UTP Cat-5 support transfer data hingga 100 Mbps. Kabel ini terdiri atas 8 kecil yang mempunyai warna berbeda-beda. Warna kabel tersebut adalah Orange, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Hijau Putih, Coklat, dan Coklat Putih.
  2. Kabel UTP
  3. Yang kedua adalah Jack RJ-45. Jack ini mirip dengan jack telepon rumah. Cuma ukurannya yang lebih besar. Jack RJ-45 terdiri dari 8 pin, sesuai dengan jumlah kabel UTP.
  4. Jack RJ-45
  5. Crimping Tools atau Tang Crimping. Hardware yang satu ini mirip dengan tang. Namun, fungsinya tidak seperti tang pada umumnya. Crimping tool ini berguna untuk menjepitkan kabel pada Jack RJ-45.
  6. crimping tools
Semua hardware diatas bisa Anda dapatkan di sebagian besar toko komputer. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Kabel UTP Tipe Straight

OK. Sekarang saya kan bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Kupas ujung kabel sekitar 1 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
  2. Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.
  3. Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
  4. Urutan Pin Jack RJ-45
  5. Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:
    • Orange Putih pada Pin 1
    • Orange pada Pin 2
    • Hijau Putih pada Pin 3
    • Biru pada Pin 4
    • Biru Putih pada Pin 5
    • Hijau pada Pin 6
    • Coklat Putih pada Pin 7
    • Coklat pada Pin 8.
    Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack.
  6. Masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.
Sekarang Anda sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.
Susunan kabel UTP tipe straight bisa Anda lihat pada gambar di bawah:
Kabel UTP Tipe Straight

Kabel UTP Tipe Cross

Cara memasang kabel UTP tipe straight sudah saya jelaskan tadi. Sekarang saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP tipe straight yaitu:
  • Orange pada Pin 1
  • Orange Putih pada Pin 2
  • Hijau pada Pin 3
  • Biru pada Pin 4
  • Biru Putih pada Pin 5
  • Hijau Putih pada Pin 6
  • Coklat Putih pada Pin 7
  • Coklat pada Pin 8.
Untuk ujung kabel yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapaun susunan warnanya adalah sebagi berikut:
  • Hijau Putih pada Pin 1
  • Hijau pada Pin 2
  • Orange Putih pada Pin 3
  • Biru pada Pin 4
  • Biru Putih pada Pin 5
  • Orange pada Pin 6
  • Coklat Putih pada Pin 7
  • Coklat pada Pin 8.
Susunan kabel tadi bisa Anda lihat pada gambar di bawah.
Kabel UTP Tipe Cross
Hasil akhir kabel UTP tipe cross akan seperti ini:

Hasil Akhir kabel cross
Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua.

Demikian tutorial cara memasang kabel UTP tipe straight dan tipe cross. Semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda menemukan kesalahan pada artikel ini mohon dikoreksi melalui kotak komentar. Terima kasih.

Anti Virus Smadav

Ditulis oleh Zatyabajaitem Smadav 9.0 Serial + Crack Key Antivirus Smadav 9.0 Pro Downloadgratis34.net kali ini download serial smadav 9.0, key smadav 9.0 full, crack smadav antivirus 9 pro, keygen smadav 9.0 terbaru, serial number smadav 9.0, aktifasi kode smadav pro 9, registrasi key smadav 9.0, kode serial smadav rev 9.1, antivirus smadav 9.0.1 keygen, nama dan key smadav 9.0, kunci smadav 9.0 gratis, s/n smadav 9.0 full version, smadav 2012 serial valid, crack smadav rev 9.0.1 pro, Smadav 2012 Rev. 9.0, Penasaran? cekidot gan..

smadav%2B9.0

rating 5



Smadav rev. 9.0 ini dirilis pada bulan mei 2012, dan penambahan fitur smadav 9.0 sangat jos. Berikut kutipan dari smadav.net:


Smadav 2012 Rev. 9.0 : Penambahan database 860 virus baru, Penyempurnaan metode deteksi heuristik Smadav, dsb.


Dan antivirus smadav 9.0 ini sangat cocok di install bersama antivirus luar negeri lainnya, seperti kaspersky internet security 2012, avira antivirus, norton, avast antivirus, f-secure 2012, bitDefender 2012. Sehingga komputer kamu akan aman dari gangguan virus, malware, spyware dari dalam negeri maupun luar negeri bagi yang suka berselancar di dunia maya maupun yang hoby colak colok flashdisk ampe lubangnya usb kendor.

Jika ada yang tanya, kalo kedua antivirus diinstall bersamaan apakah tidak berbahaya, membuat lemot dan hank??
Kalo menurut zatyabajaitem seh itu kembali ke specs kompi kalian masing2. Yang penting RAM minimal 1 GB dan processor yang OK itu dah cukup.

Nah berikut caranya aktifin pro smadav 9.0:

1. Download smadav 9.0.1 nya disini (756 kb) ===> KLIK

2. Jika sudah didownload, kemudian diinstall.

3. kemudian masuk pada tab setting pada smadav 9.0 , dan masukan name dan key smadav nya.

Berikut zatyabajaitem bagikan 10 key registrasi smadav pro 9.0 , GRATIS !!

Nama : downloadgratis34.com smadav 9.0
Key : 995299424207

Nama : www.downloadgratis34.com best 34
Key : 9988997610024

Nama : zatyabajaitem 9.0 in here
Key : 991299560533

Nama : downloadgratis34 dot com xxx
Key : 995799755050

Nama : camfroger MUT downloadgratis34.com
Key : 999999800963

Nama : yogya zatyabajaitem rx
Key : 9952996020100

Nama : www.downloadgratis34.com never die 101
Key : 991899056931

Nama : link to downloadgratis34.com
Key : 9952995075100

Nama : downloadgratis34.com free serial
Key : 995299421581

Nama : zatyabajaitem generate212
Key : 998899886496

Pastikan dengan serial smadav 9.0 atau serial smadav 9.0.1 kamu menjadi FULL VERSION, dan segera aktifkan fitur2nya.

NB BACA TERLEBIH DAHULU: Bagi yang sebelumnya memakai smadav 8.9 dan terkena blacklist sewaktu update online maupun offline ke smadav 9.0, silahkan ikuti cara menghilangkan blacklist smadav 9.0 KLIK DISINI

BACA DULU !! Cara menghilangkan tanda bajakan smadav 9.0 sama persis cara menghilangkan tanda bajakan smadav 8.9 !!

TAPI, untuk serialnya harus memakai serial yang terbaru, seperti serial yang diatas ini. Dan jangan memakai serial yang lama, karena sudah di blacklist oleh team smadav.

OK, jika ada kritik, saran, komentar, maupun usul yang membangun, silahkan komentar di bawah ini. Dan jangan lupa baca artikel2 downloadgratis34.net menarik di bwah ini. Thanks


Pesan Haji Rahbar 1433 H


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين و صلوات الله و سلامه علي الرسول الاعظم الأمين و علي آله المطهّرين المنتجبين و صحبه الميامين.

Musim haji yang penuh dengan rahmat dan berkah telah tiba dan kembali menyinari mereka yang beruntung hadir di tempat-tempat nurani itu dengan pancaran anugerah Ilahi. Di sini, waktu dan tempat mengajak Anda semua yang tengah melaksanakan ibadah haji untuk beranjak menaiki tangga menuju ketinggian maknawi dan materi. Di sini, dengan hati dan lisan, muslim dan muslimah bersama-sama memenuhi panggilan Allah Yang Maha Besar untuk melangkah ke arah kebaikan dan kejayaan. Di sini, semua orang mendapat kesempatan berlatih persaudaraan, kesamaan dan ketaqwaan. Di sinilah kamp pendidikan dan pengajaran; ajang pentas persatuan, keagungan dan keanekaan umat Islam; kancah bergumulan melawan syaitan dan thaghut. Inilah lokasi yang ditetapkan Allah Yang Maha Bijaksana dan Maha Kuasa sebagai tempat bagi kaum mukminin untuk bisa menyaksikan kepentingan dan kebaikan mereka. Sesaat ketika membuka mata akal dan ibrah, kita saksikan bahwa janji samawi ini meliputi seluruh sisi kehidupan individual dan sosial kita.

Keistimewaan syiar haji terletak pada kombinasi urusan dunia dan akhirat atau sisi individu dan sosial di  dalamnya. Ka'bah yang tanpa hiasan namun megah; tawaf fisik dan hati mengelilingi satu poros yang berdiri kokoh dan abadi; gerak dan usaha yang berkesinambungan dan teratur antara satu titik awal dan titik akhir; perpindahan kolosal ke Arafah dan Masy'ar yang mirip kondisi hari kiamat dengan kekhusyukan di tempat konsentrasi agung itu yang memberi kejernihan dan kesegaran pada setiap kalbu; serbuan serentak melawan simbol syaitan; dan berikutnya adalah kesamaan semua orang yang datang dari semua tempat, dengan aneka warna dan jenis untuk bersama-sama mengikuti ritual yang penuh rahasia dan sarat dengan nuansa spiritual dan tanda-tanda hidayah… Semua itu adalah keistimewaan yang hanya ada pada ibadah yang penuh makna dan kandungan ini. Ritual seperti inilah yang mengikat hati dengan dzikir kepada Allah dan menyinari kalbu dengan cahaya taqwa dan iman. Ritual ini mengeluarkan orang dari kekangan diri dan meleburnya dalam kumpulan umat Islam dengan keberagamannya, membungkusnya dengan pakaian ketaqwaan yang melindungi jiwanya dari  serangan anak-anak panah dosa yang beracun, serta membangkitkan semangat melawan syaitan dan thaghut dalam dirinya.

Di sini, dengan mata kepala sendiri, jemaah haji menyaksikan miniatur dari umat Islam yang besar dan menyadari akan kapasitas dan kemampuannya. Dengan itu, tumbuh optimisme akan masa depan dan kesiapan untuk berperan aktif di dalamnya. Selain juga, -jika mendapat taufik dan inayah dari Allah- ia akan mengikat baiat dengan Nabi yang agung dan memperkuat janji setia dengan Islam yang tercinta serta memperkuat tekad untuk memperbaiki diri dan umat serta meninggikan Islam. Kedua hal ini, yakni perbaikan diri dan perbaikan umat adalah dua kewajiban yang tak pernah dihapuskan. Bagi orang yang suka berpikir, dengan menggunakan akal budi dalam melaksanakan kewajiban agama dan dengan memanfaatkan logika dan kearifan, tidak sulit untuk menemukan cara untuk melaksanakan kewajiban ini.

Memperbaiki diri dimulai dari perang melawan hawa nafsu syaitani dan upaya untuk menjauhi dosa, sementara memperbaiki kondisi umat dimulai dengan mengenal musuh dan agendanya lalu berjuang untuk meredam dampak pukulan dan tipudayanya. Pada tahap berikutnya, keterikatan hati, tangan dan lisan antara umat Islam dan bangsa-bangsa Muslim akan terjalin.

Saat ini, salah satu masalah terpenting Dunia Islam yang berhubungan langsung dengan nasib umat Islam adalah revolusi-revolusi yang terjadi di kawasan utara Afrika dan kawasan kita. Sampai sekarang, transformasi ini sudah menggulingkan beberapa rezim bejat yang tunduk kepada Amerika Serikat (AS) dan bersekutu dengan zionisme, dan tengah mengguncang kekuasaan beberapa rezim yang lain.  Rugi besar jika kaum muslimin tidak memanfaatkan kesempatan agung ini untuk memperbaiki nasib umat Islam. Sekarang, kubu istikbar agresor yang suka intervensi tengah menguras tenaga untuk menyimpangkan gerakan agung umat Islam ini.

Dalam gerakan-gerakan yang besar ini, muslim dan muslimah bangkit untuk melawan kediktatoran para penguasa dan menentang hegemoni AS yang berujung pada pelecehan dan penistaan bangsa-bangsa lain serta kedekatan dengan rezim zionis yang haus kejahatan. Dalam perjuangan hidup dan mati ini, faktor penyelamat bagi mereka adalah Islam serta ajaran dan syiar-syiarnya. Dan, inilah yang mereka nyatakan dengan suara lantang. Pembelaan kepada bangsa Palestina yang  tertindas dan perjuangan melawan rezim perampas Zionis menjadi tuntutan utama mereka. Mereka mengulurkan tangan persahabatan kepada bangsa-bangsa Muslim dan menuntut persatuan umat Islam.
Inilah pilar-pilar utama yang menopang gerakan rakyat di negara-negara yang sejak dua tahun lalu mengibarkan panji kebebasan dan reformasi dengan partisipasi rakyat yang hadir di tengah medan revolusi dengan jiwa dan raga. Dan, inilah yang bisa menjadi pilar utama untuk menopang proses reformasi di tubuh umat Islam yang besar ini. Syarat yang harus dipenuhi untuk meraih kemenangan final dari gerakan kebangkitan rakyat di negara-negara itu adalah resistensi dalam memegang prinsip.

Musuh terus berusaha menggoyang pilar-pilar utama ini. Tangan-tangan keji AS, NATO, dan rezim zionis berusaha memanfaatkan celah-celah kelengahan dan pemikiran dangkal untuk memalingkan gerakan para pemuda Muslim yang mengalir deras ini lalu mengadu domba antara mereka dengan mengatasnamakan Islam. Mereka mengubah jihad anti imperialisme dan anti zionisme menjadi terorisme buta jalanan di Dunia Islam untuk menumpahkan darah umat Islam di tangan Muslim. Dengan demikian, musuh Islam akan terbebas dari kebuntuan dan citra Islam serta para mujahidnya akan tercoreng di mata dunia.
Setelah kecewa dan putus asa karena gagal menghapuskan Islam dan syiarnya, kini dengan menebar fitnah di tengah kelompok-kelompok Muslim dan dengan mengusung agenda Syiahphobia atau Sunniphobia mereka berusaha mencegah terwujudnya persatuan umat Islam.

Dengan bantuan kaki tangannya di kawasan, mereka menciptakan krisis di Suriah untuk memalingkan bangsa-bangsa lain dari krisis di negara masing-masing dan bahaya yang mengancam mereka. Itu semua dilakukan dengan menciptakan drama berdarah. Perang saudara di Suriah dan pembunuhan para pemuda Muslim di tangan saudaranya sendiri adalah kejahatan yang dimulai dan dimarakkan oleh AS, Zionis dan rezim-rezim dependen. Siapa yang bisa percaya bahwa negara-negara pelindung para diktator di Mesir, Tunisia, dan Libya kini tampil membela aspirasi rakyat Suriah yang menuntut demokrasi? Kisah Suriah adalah kisah balas dendam terhadap sebuah pemerintahan yang selama tiga dekade tampil sendirian melawan rezim perampas Zionis dan membela faksi-faksi perjuangan Palestina dan Lebanon.

Kami memihak rakyat Suriah dan menentang segala bentuk provokasi dan intervensi asing di negara itu. Reformasi apapun di Suriah harus dilakukan sendiri oleh rakyat di sana dan dengan cara-cara mereka sendiri. Adalah bahaya yang besar ketika kubu hegemoni internasional yang dibantu oleh rezim-rezim dependen di kawasan campur tangan dengan menciptakan krisis di suatu negara dan dengan alasan krisis, mereka merasa berhak melakukan kejahatan apa saja di negara itu. Bahaya besar ini harus disadari oleh rezim-rezim di kawasan. Jika tidak, maka mereka harus menanti giliran untuk dipermainkan kubu istikbar dengan cara seperti itu.

Saudara dan saudari! Musim haji adalah kesempatan untuk merenungkan dan memikirkan secara mendalam isu-isu penting di Dunia Islam. Nasib revolusi-revolusi di kawasan dan upaya yang dilakukan kubu adidaya untuk menyimpangkannya adalah bagian dari isu-isu penting itu. Agenda pengkhianatan dalam bentuk tebaran fitnah perselisihan di tengah umat Islam dan upaya menciptakan sangkaan buruk pada sebagian negara Islam terhadap Republik Islam Iran; isu Palestina dan pendeskriditan para pejuangnya serta upaya memadamkan gelora jihad; propaganda anti Islam yang dilakukan rezim-rezim Barat dan pembelaan mereka kepada para penista kesucian Nabi Muhammad Saw; agenda menciptakan perang saudara dan upaya memecah belah di sejumlah negara Islam; skenario menakut-nakuti negara dan bangsa-bangsa revolusioner akan bahaya melawan hegemoni Barat dan penyebaran anggapan bahwa masa depan mereka bergantung pada ketertundukan kepada kaum agresor… semua itu adalah isu-isu penting yang perlu direnungkan dan dipikirkan secara mendalam oleh Anda semua, jemaah haji, dalam suasana persaudaraan dan keakraban.
Tak diragukan bahwa hidayah dan bimbingan Ilahi akan menunjukkan jalan keamanan dan keselamatan kepada umat mukmin yang berjuang.
«و الذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا ..»
Dan mereka yang berjuang di jalan Kami maka Kami akan menunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami…

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Sayyid Ali Khamenei
30 Mehr 1391 HS (21 Oktober 2012)
5 Dzulhijjah 1433 H

Rabu, 24 Oktober 2012

Akar Terorisme Zionis (Bagian 10)

Setelah kejadian di Tel Zatar, tentara Zionis dan kaki tangannya di Lebanon melakukan sejumlah pembantaian dengan korban warga Lebanon dan pengungsi Palestina. Untuk mendukung agendanya, Rezim Zionis Israel menyulut pertikaian internal di Lebanon. Akibatnya, negara kecil itu terpanggang dalam api perang saudara yang menewaskan ribuan orang. Konflik sempat terhenti dengan tampilnya Imam Musa Sadr sebagai tokoh Syiah Lebanon sebagai penyeru perdamaian dan persatuan antara berbagai kelompok agama di Lebanon.
 
Keberadaan tokoh kharismatik yang berhasil merangkul semua kelompok di Lebanon dipandang sebagai batu sandungan bagi Islam dalam menjalankan skenarionya memanggang Lebanon dalam api perang saudara. Raibnya Imam Musa Sadr secara misterius pada bulan Agustus 1978 saat berkunjung ke Libya adalah peristiwa yang mengguncang Lebanon namun menggembirakan bagi zionis.
 
Akan tetapi, kegembiraan Israel dan sekutu-sekutunya tidak berlangsung lama. Sebab di awal tahun 1979, di kawasan Timur Tengah terjadi peristiwa agung yang menyentak dunia. Bangsa muslim Iran di bawah pimpinan Imam Khomeini dengan slogan Islam dan anti kezaliman berhasil melahirkan sebuah revolusi besar yang menumbangkan kekuasaan rezim Pahlevi. Revolusi Islam ini menumbuhkan harapan akan berlanjutnya perjuangan Dunia Islam melawan Zionisme. Tumbangnya rezim Pahlevi di Iran yang merupakan sekutu dekat zionis dan AS di kawasan ibarat pukulan telak yang menohok jantung Zionis dan para pendukungnya.
 
Kemenangan revolusi Islam di Iran menggugah umat Islam di seluruh dunia dan memompa spirit para pejuang Palestina dan Lebanon. Sebelum kemenangan Revolusi Islam, rezim zionis merasa berada di atas angin setelah memenangi tiga periode perang melawan negara-negara Arab dan berhasil mendiktekan perjanjian Camp David atas Mesir. Namun dengan berdirinya pemerintahan Islam di Iran, keadaan jelas berubah. Revolusi Islam di Iran telah melahirkan arus dan gelombang baru perjuangan melawan rezim zionis dan meniupkan semangat yang baru untuk para pejuang Palestina dan Lebanon. Kawasan Lebanon selatan dengan mayoritas penduduknya bermazhab Syiah menjadi pusat gerakan perjuangan melawan zionis.
 
Menyadari perubahan konstelasi kekuatan, rezim Zionis mencanangkan program pendudukan atas Lebanon. Akhirnya saat yang tepat untuk menyerbu wilayah itupun ditentukan. Dengan memanfaatkan peristiwa pembunuhan atas duta besar Israel di London dan menuduh gerakan Fatah sebagai pelaku pembunuhan itu, pada tanggal 14 September 1982, rezim Zionis mengerahkan pasukannya untuk menyerang Lebanon. Agresi ini diwarnai oleh salah satu peristiwa pembantaian paling mengerikan. Kamp pengungsi Palestina Sabra dan Shatila dijadikan sasaran serangan tentara Zionis yang dipimpin Ariel Sharon bersama pasukan Kristen Palangis. Dua kamp pengungsian Sabra dan Shatila yang terletak di wilayah selatan Lebanon sejak tahun 1948 menjadi tempat penampungan para pengungsi Palestina dengan mayoritas warga asal kota al-Jalil yang terusir sejak awal pendudukan Palestina. Saat terjadi serangan tahun 1982, sekitar 20 ribu pengungsi Palestina tinggal di dua kamp ini.
 
Tanggal 16-18 September 1982, tentara Zionis di bawah komando Ariel Sharon bersama pasukan Kristen Palangis menyerbu Sabra dan Shatila. Sekitar 4000 pengungsi Palestina termasuk wanita dan anak-anak tewas secara mengenaskan. Setelah pembantaian sadis ini, Ariel Sharon dikenal dengan sebutan penjagal Sabra dan Shatila.
 
David Herst dalam bukunya yang berjudul "Senapan dan Setangkai Zaitun' mengenai pembantaian ini menulis, "Satuan pertama yang terdiri atas 150 personil pasukan Palangis masuk ke kamp Shatila setelah melewati barikade Israel. Beberapa dari mereka selain memanggul senjata juga membawa pisau. Pembantaian massal itu terjadi selama 48 jam. Di malam hari pun dengan memanfaatkan penerangan yang dipasang di barak milik Israel, mereka terus melakukan pembantaian. Mereka masuk dengan paksa ke rumah-rumah warga dan menembaki penghuninya yang sedang terlelap.  Pasukan Palangis dalam sejumlah kasus menyiksa warga Palestina terlebih dahulu sebelum membunuhnya. Penyiksaan dilakukan dengan mencungkil mata, menguliti korban hidup-hidup dan merobek perut orang. Mereka juga memerkosa perempuan dan gadis-gadis lebih dari enam kali lalu memotong payudara mereka sebelum akhirnya menghabisi mereka dengan peluru. Anak-anak kecil mereka belah menjadi dua dan memaku kepala mereka di dinding."
 
Penulis ini lebih lanjut menceritakan tentang kejahatan yang terjadi Sabra dan Shatila. "Saat menyerang rumah sakit Akka di kamp Shatila mereka membunuh semua pasien yang berada di pembaringan. Tangan sebagian dari korban diikat di mobil lalu diseret di jalanan. Banyak korban yang mereka potong tangan atau jarinya untuk merampas gelang atau cincin yang dikenakannya. Selanjutnya mereka mengerahkan buldozer untuk merubuhkan kamp tersebut. Tindakan itu selain dimaksudkan untuk mengubur jasad para korban juga untuk meratakan rumah-rumah yang masih utuh. Selama beberapa hari jasad para korban dibiarkan sampai menjadi mangsa kucing-kucing liar."
 
Ghazi Khurshid, seorang wartawan yang meninjau langsung lokasi kejadian dalam bukunya, ‘Terorisme Zionis di Negera Palestina Pendudukan' mengenai peristiwa pembantaian Sabra dan Shatila menulis, "Di satu lorong jalanan nampak lima jenazah perempuan dan beberapa anak di atas gundukan tanah... Salah satunya adalah perempuan dengan baju yang robek di bagian depan dan payudara yang terpotong. Di sisinya nampak kepala seorang gadis cilik yang terpenggal dengan tatapan wajah penuh amarah terhadap para pelaku pembunuhnya. Aku juga melihat seorang perempuan muda yang menggendong bayi. Peluru menembus badannya dan bersarang di tubuh bayinya."
 
Tony Clifton dalam bukunya ‘Langit Menangis' menceritakan demikian, "yang membuat saya terguncang adalah seorang yang tewas setelah terpanggang hidup-hidup di tengah kobaran api. Di kemudian hari terungkap bahwa korban ini tewas setelah pasukan Palangis menyiramnya dengan bensin lalu membakarnya. Selain giginya yang berwarna putih seluruh bagian tubuhnya hangus terbakar."
 
Peristiwa pembantaian Sabra dan Shatila semakin menguak hakikat dan tabiat bengis kaum zionis di mata dunia. Sayangnya, semua itu tak membuat para pembela zionis membuka mata dan berusaha mencegah terjadinya kejahatan serupa di masa mendatang. Barat yang notabene mendukung zionisme sengaja menutup mata bahkan mendorong zionis untuk melanjutkan aksi-aksinya. Majlis Umum PBB dalam sidangnya mengutuk kejahatan rezim zionis di Sabra dan Shatila dalam sebuah resolusi yang didukung oleh 98 negara, sementara 19 negara menolak dan 23 negara Barat lainnya memilih absen. (IRIB Indonesia)

Senin, 22 Oktober 2012

Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama

Seruan yang dikeluarkan oleh NU yang ditujukan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan umat Islam Indonesia untuk berjuang membela Tanah Air dari penguasaan kembali pihak Belanda dan pihak asing lainnya beberapa waktu setelah proklamasi kemerdekaan.

Dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 sebagai buah keputusan yang dihasilkan dari Rapat Besar Konsul-konsul NU se-Jawa dan Madura, 21-22 Oktober di Surabaya, Jawa Timur.

Melalui konsul-konsul yang datang ke pertemuan tersebut, seruan ini kemudian disebarkan ke seluruh lapisan pengikut NU khususnya dan umat Islam umumnya di seluruh pelosok Jawa dan Madura.

Berikut ini adalah isi dari Resolusi Jihad NU sebagaimana pernah dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, edisi No. 26 tahun ke-I, Jumat Legi, 26 Oktober 1945. Salinannya di sini dengan menyesuaikan ejaan:

Bismillahirrahmanirrahim
Resolusi

Rapat besar wakil-wakil daerah (Konsul-konsul) Perhimpunan Nahdlatul Ulama seluruh Jawa-Madura pada tanggal 21-22 Oktober 1945 di Surabaya:Mendengar:

Bahwa di tiap-tiap daerah di seluruh Jawa-Madura ternyata betapa besarnya hasrat ummat Islam dan Alim ulama di tempatnya masing-masing untuk mempertahankan dan menegakkan AGAMA, KEDAULATAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA MERDEKA.Menimbang:

a. Bahwa untuk mempertahankan dan menegakkan Negara Republik Indonesia menurut hukum AGAMA ISLAM, termasuk sebagai suatu kewajiban bagi tiap-tiap orang Islam

b. Bahwa di Indonesia ini warga Negaranya adalah sebagian besar terdiri dari Ummat Islam.

Mengingat:

a. Bahwa oleh pihak Belanda (NICA) dan Jepang yang datang dan berada di sini telah banyak sekali dijalankan banyak kejahatan dan kekejaman yang mengganggu ketenteraman umum.

b. Bahwa semua yang dilakukan oleh semua mereka itu dengan maksud melanggar Kedaulatan Republik Indonesia dan Agama, dan ingin kembali menjajah di sini, maka di beberapa tempat telah terjadi pertempuran yang mengorbankan beberapa banyak jiwa manusia.

c. Bahwa pertempuran-pertempuran itu sebagian besar telah dilakukan ummat Islam yang merasa wajib menurut hukum agamanya untuk mempertahankan Kemerdekaan Negara dan Agamanya.

d. Bahwa di dalam menghadapi sekalian kejadian-kejadian itu belum mendapat perintah dan tuntutan yang nyata dari Pemerintah Republik Indonesia yang sesuai dengan kejadian-kejadian tersebut.Memutuskan:

1. Memohon dengan sangat kepada Pemerintah Republik Indonesia supaya menentukan suatu sikap dan tindakan yang nyata serta sepadan terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan kemerdekaan Agama dan Negara Indonesia, terutama terhadap fihak Belanda dan kaki tangan.

2. Supaya memerintahkan melanjutkan perjuangan bersifat “sabilillah” untuk tegaknya Negara Republik Indonesia Merdeka dan Agama Islam. 

Seruan ini memiliki pengaruh yang besar dalam menggalang umat Islam khususnya untuk berjuang mengangkat senjata melawan kehadiran Belanda setelah diproklamirkannya kemerdekaan. Pesantren-pesantren dan kantor-kantor NU tingkat Cabang dan Ranting segera menjadi markas Hizbullah yang menghimpun terutama pemuda-pemuda santri yang ingin berjuang dengan semangat yang tinggi meski dengan keahlian dan fasilitas persenjataan yang sangat terbatas.

Seruan ini juga diyakini memiliki sumbangan besar atas pecahnya Peristiwa 10 November 1945 yang terkenal dan kemudian diabadikan sebagai Hari Pahlawan. Soetomo atau terkenal dengan panggilan Bung Tomo, pimpinan laskar BPRI dan Radio Pemberontakan, yang sering disebut sebagai penyulut utama peristiwa 10 November diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan kalangan Islam.

Jauh sebelum peristiwa itu, ia diketahui telah berkawan baik dengan Wahid Hasyim, tokoh muda NU yang penting saat itu. Karena faktor Wahid Hasyim pula ia terpilih sebagai satu-satunya pemuda dari Surabaya yang menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru pada Juli 1945 yang menggantikan Hokokai peninggalan Jepang.

Di luar itu, juga umum diketahui bahwa saat itu Bung Tomo kerap bertandang ke Pesantren Tebu Ireng, Jombang, untuk menemui dan meminta restu Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari. Seruan “Allahu Akbar” di pembuka dan penutup orasinya yang sangat membakar melalui Radio Pemberontakan yang dipimpinnya adalah upayanya untuk merekrut kalangan pemuda Muslim di satu sisi dan bukti kedekatan hubungannya dengan kalangan Islam.

Tidak terbatas pada Peristiwa 10 November 1945, seruan ini berdampak panjang pada masa berikutnya. Perjuangan kemerdekaan yang melibatkan massa rakyat yang berlangsung hampir empat tahun sesudah itu di berbagai tempat di Jawa khususnya hingga pengakuan kedaulatan oleh Belanda pada 1949 juga banyak didorong oleh semangat jihad yang diserukan melalui resolusi ini.

Pesan dan isi Resolusi Jihad ini jelas dan tegas. Tetapi dalam interpretasinya, terutama melalui penyebarannya secara lisan, kadang-kadang memperoleh tekanan yang lebih keras dan luas seperti bahwa kewajiban (fardhu ‘ain) bagi setiap muslim yang berada pada jarak radius 94 km untuk turut berjuang. Sedangkan yang berada di luar jarak itu berkewajiban untuk membantu saudara-saudara mereka yang berada dalam jarak radius tersebut.

Jalur “aksi perjuangan” melalui Resolusi Jihad memang harus berhadapan dengan “jalur diplomasi” yang dipilih beberapa pemimpin nasional saat itu. Bagaimanapun ini adalah suatu tanggapan yang cepat, tepat, dan tegas dari NU atas krisis kepercayaan dan kewibawaan sebagai bangsa yang baru menyatakan kemerdekaannya.

Pada akhirnya, Resolusi Jihad tak lain merupakan bukti historis komitmen NU untuk membela dan mempertahankan Tanah Air. (Sumber: Ensiklopedi NU)

Rusia: AS, Pelanggar HAM Terbesar di Dunia

Parlemen Rusia mempublikasikan sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Amerika Serikat sebagai pelanggar HAM terbesar di dunia.

Dalam sebuah seminar dengan tema "Kondisi HAM di Amerika" yang dihadiri oleh para pejabat senior pemerintah dan anggota parlemen Rusia serta berbagai media massa, Amerika diangap sebagai pelanggar HAM paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain.

Ketua Komisi Kebijakan Luar Negeri dan Urusan Internasional Parlemen Rusia Alexei Pushkov mengatakan, adanya berbagai penjara rahasia Amerika dan penyiksaan terhadap tahanan, pembunuhan terhadap warga Afghanistan dan Irak, penerapan standar ganda dalam kebijakan luar negeri Amerika, intervensi dalam urusan internal di berbagai negara dan tidak adanya pemilu yang demokratis di negara ini merupakan deretan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Washington.

Pushkov juga menyatakan keprihatinan negaranya atas meluasnya pelanggaran HAM di Amerika.

"Ketidakadilan sosial, diskriminasi ras, etnis dan agama, penangkapan bebas tanpa tuduhan, sikap bias di berbagai pengadilan, penyiksaan, tidak adanya kebebasan berbicara dan sensor internet, korupsi, pembatasan terhadap hak-hak anak,  kurangnya mekanisme demokrasi dalam pemilu dan penumpasan terhadap oposisi dan demonstran, merupakan bentuk-bentuk lain dari pelanggaran HAM di Amerika," tandasnya.

Sementara itu, Deputi Menteri Luar Negeri RusiaSergei Ryabkovdalam seminar tersebut menuturkan, Amerika dan sejumlah sekutunya mengklaim sebagai pemimpin pembela HAM di dunia, namun hal itu digunakan sebagai alat untuk menerapkan kebijakan anti-negara-negara lain.

Ia menambahkan, para pejabat AS dengan tindakannya yang mengintervensi urusan internal Rusia dan intervensi dalam pemilu di negara ini mengindikasikan bahwa mereka masih berada dalam pemikiran di era perang dingin.

Di Amerika, masih kata Ryabkov, penyiksaan dinilai sebagai tindakan legal dengan alasan memerangi terorisme, bahkan perwakilan dari Palang Merah Internasional dan lembaga-lembaga HAM tidak diizinkan untuk menemui para tahanan di penjara-penjara rahasia AS.

Wakil Menlu Rusia juga menyinggung penyadapan telepon warga Amerika  dan pemenjaraan dua juta warga negara ini termasuk 70 ribu remaja. Ryabkov menilai tindakan ini sebagai langkah yang melanggar HAM.

"Washington harus menghentikan penangkapan terhadap warga Rusia dan ekstradisi mereka ke Amerika," pungkasnya. (IRIB Indonesia/RA)

Rabu, 17 Oktober 2012

Akhlak Mulia dan Kesehatan Mental

Jika sejarah pernah mencatat pribadi-pribadi agung dan insan-insan mulia di jagad raya ini, mereka semua diabadikan dan dikenang karena tingkat spiritualitas dan akhlak mulianya. Sebuah masyarakat yang tidak bermoral dan tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan, maka masyarakat seperti itu akan tenggelam dalam lembaran kelam sejarah. Menurut para pakar antropologi, keruntuhan peradaban besar dan kehancuran bangsa-bangsa tidak semata-mata diakibatkan oleh krisis ekonomi akut, tapi lebih disebabkan oleh sirnanya nilai-nilai spiritual dan moral di tengah sebuah masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa keruntuhan pilar-pilar spiritual dan moral memiliki peran signifikan dalam menenggelamkan sebuah masyarakat.

Landasan kepribadian setiap manusia dan nilai-nilai eksistensinya diukur menurut sifat-sifat mulia yang ia sandang. Seorang penulis Inggris, Samuel Smiles mengatakan, "Setiap kemajuan dan keberhasilan yang dicapai dalam kehidupan seseorang, berhubungan erat dengan kekuatan internal dan potensi fitrah individu tersebut. Hal itu juga berhubungan dengan akhlak mulia dan keseimbangan kepribadiannya. Pada dasarnya, kebahagiaan setiap orang memiliki hubungan erat dengan akhlak mulia dan keramahan dia dengan orang lain."

Dengan kata lain, bagian penting dari nilai-nilai kemanusiaan harus dicari dalam keutamaan-keutamaan moral. Namun perlu diingat bahwa sifat-sifat luhur kemanusiaan tersebut hanya bisa diraih melalui penyucian diri serta pendidikan mental dan moral. Oleh karena itu, para pakar psikologi dan guru akhlak menaruh perhatian besar untuk mencegah kerusakan moral dan juga bagaimana memperoleh sifat-sifat luhur kemanusiaan. Mereka juga sangat menekankan dimensi pendidikan praktis dalam masalah itu.

Para ulama telah mengajarkan banyak langkah praktis untuk memperoleh dan mengembangkan keutamaan-keutamaan moral. Selain itu, mereka juga mengajarkan umat manusia dengan memberi teladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Agama Islam senantiasa mengajak umatnya untuk bersikap sopan dan lemah lembut dalam berinteraksi dengan orang lain dan melarang mereka untuk berlaku kasar dan tidak sopan. Akhlak mulia dan sikap ramah termasuk di antara sifat dominan yang akan mengundang kasih sayang dan cinta di tengah pergaulan sosial. Perkataan yang lahir dari pribadi seperti itu juga memiliki dampak besar bagi pihak lain.

Salah satu faktor utama kemajuan Islam adalah akhlak mulia dan kesantunan Rasulullah Saw. Dalam surat Ali Imran ayat 159, Allah Swt berfirman "Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu." Rasul Saw senantiasa bersikap ramah dan memberikan kasih sayang dan perhatian kepada semua Muslim dengan kadar yang sama. Cahaya kasih sayang dan cinta senantiasa menghiasi raut wajah beliau.

Anas bin Malik, pelayan Rasulullah Saw selalu mengisahkan kemuliaan akhlak Nabi Saw dan berkata, "Selama 10 tahun melayani beliau, aku sama sekali tidak melihat raut murung di wajah Rasul Saw dan bahkan tidak pernah mengerutkan wajahnya ketika menyaksikan perbuatanku yang tidak berkenan dan juga tidak pernah menunjukkan sikap kasar." Jelas bahwa perbuatan baik dan sikap tawadhu' Rasulullah Saw semata-mata memberi pesan bahwa manusia harus berlaku seperti itu untuk mencapai kesempurnaan.

Dalam budaya Islam, manusia harus menjadi teladan moral dan cerminan akhlak di tengah masyarakat sehingga orang lain dapat berkaca kepadanya. Berakhlak mulia memiliki dampak besar dalam kehidupan individual dan sosial. Mereka yang menyandang akhlak mulia umumnya lebih sukses dalam menjalani aktivitas dan karir. Akan tetapi, manusia yang berlaku kasar dan tidak sopan selain akan mengurangi daya tarik orang-orang di sekitarnya, juga kurang sukses dalam beraktivitas dan kegiatan.

Pada dasarnya, akhlak mulia memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan seseorang dan akan menuntun mereka meraih kebahagiaan dan kesempurnaan. Sebaliknya, akhlak buruk juga memiliki dampak destruktif bagi individu dan bahkan masyarakat.

Alkisah, ada seorang remaja yang berakhlak buruk dan menyakiti orang-orang di sekitarnya. Pada suatu hari, ayahnya memberi sebuah kotak paku kepada remaja itu sambil berkata setiap kali emosi menguasaimu, engkau harus menancapkan sebuah paku di tembok itu. Pada hari pertama, remaja itu menancapkan 37 buah paku di tembok. Beberapa pekan kemudian, jumlah paku yang ia tancapkan ke tembok semakin berkurang dan mulai memahami bahwa mengontrol emosi lebih mudah daripada menancapkan paku di tembok. Akhirnya, orang tua remaja itu mengusulkan setiap kali engkau bisa mengontrol emosi, maka cabutlah satu paku dari tembok itu.

Hari-hari berlalu dan remaja itu akhirnya mampu berkata kepada orang tuanya bahwa seluruh paku di tembok telah ia cabut. Kemudian ayahnya memegang tangan anaknya dan membawanya ke sisi tembok tersebut sambil berkata, "Wahai anakku! Engkau telah berbuat baik dan sukses mengontrol kemarahanmu. Akan tetapi, lihatlah lubang-lubang di tembok itu, dia tidak mungkin seperti dulu lagi. Ketika engkau sedang dikuasai emosi dan mengeluarkan sebuah ucapan, perkataan tersebut juga akan berbekas seperti itu. Engkau mampu menusuk sebuah pisau ke hati seseorang dan mencabutnya lagi, tapi ribuan kata maaf tidak berguna lagi, luka itu akan membekas. Luka lisan dan ucapan kasar lebih menyakitkan dari luka tusukan."

Setiap sifat mulia seseorang selain memiliki dimensi spiritual dan ukhrawi, juga punya dampak besar dalam kehidupan material dan duniawi umat manusia. Oleh sebab itu, masalah moral jangan dianggap hanya sebuah kasus pribadi dan individu serta sesuatu yang terpisah dari kehidupan sosial manusia. Namun sebaliknya, segala bentuk perubahan sosial tidak mungkin terjadi tanpa perubahan moral. Akhlak mulia adalah syarat pertama untuk mencapai kesuksesan interaksi sosial. Sifat itu menyimpan daya tarik dan membantu mengangkat kepribadian seseorang serta memiliki pengaruh besar dalam menata kehidupan individual dan sosial.

Tidak ada sifat lain yang mampu mengundang daya tarik dan mengurangi tekanan mental selain akhlak mulia. Orang yang bermental seperti ini mampu mengontrol diri dan membuat lingkungan sekitar tidak memahami problema-problema yang ia hadapi. Ia senantiasa berusaha bersikap ramah dan gembira sehingga orang lain merasa terhibur dan senang. Mereka yang berakhlak mulia selain mampu menguasai diri saat menghadapi beban hidup, juga bisa mengatasi kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Ahklak mulia merupakan faktor yang paling dominan dalam menjamin kesuksesan seseorang. Sebagai contoh, kemajuan sebuah pusat layanan sosial sangat bergantung pada keramahan dan kesopanan para pengelolanya.

Di dunia modern saat ini, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami guncangan, depresi, stres, dan tekanan. Namun, akhlak mulia dan sopan santun akan mengurangi tingkat tekanan mental dan akan menyebabkan panjang usia. Imam Ali as berkata, "Tidak ada kehidupan yang lebih indah dari kehidupan yang dihiasi oleh akhlak mulia." Sementara Imam Jakfar Shadiq as berkata, "Kebaikan dan akhlak mulia akan memperpanjang usia." (IRIB Indonesia)

Arab saudi diam saja atas kejahatan Israel dijalur gaza

Pesawat tanpa awak rezim Zionis Israel kembali membombardir Jalur Gaza yang diblokade rezim ini sejak tahun 2007.

Serangan udara tersebut terjadi pada Rabu (17/10) pagi di utara Gaza dan melukai dua warga Palestina. 


Pada Ahad, dua warga Palestina juga gugur syahid dan tiga lainnya terluka akibat serangan jet tempur Israel di Deir al-Balah, pusat Jalur Gaza.


Militer Israel sering membombardir Gaza dengan alasan tindakan defensif. Namun, kekuatan yang tidak proporsional dan melanggar hukum internasional selalu digunakan sehingga korban tewas dan terluka terus berjatuhan. (IRIB Indonesia/RA)

Jihad Ala Militan Taliban

Sejak kapan menembak seorang gadis kecil dapat diterima oleh Islam? Jawabannya jelas bagi kita semua yang meyakini Islam. Ini jelas tidak jantan jika seorang gadis kecil dijadikan sasaran tembakan. Dan itu bukan tindakan terhormat dan ditolak keras oleh Islam.
 
Pada 9 Oktober lalu, aktivis perempuan berusia 14 tahun, Malala Yousafzai ditembak di kepala dan leher oleh militan Tehrik-e Taliban Pakistan di kota Mingora karena kampanye menentang para ekstremis dan mempromosikan pendidikan bagi anak perempuan di Lembah Swat, Pakistan.
 
Dalam insiden itu, militan menghentikan sebuah bus sekolah, meminta Yousafzai turun dan kemudian menembaknya. Dua gadis remaja lainnya juga ditembak dan terluka dalam serangan tersebut.
 
Selama seminggu terakhir, ribuan warga Pakistan menggelar demonstrasi dan doa di seluruh negeri untuk mengekspresikan dukungan mereka kepada Yousafzai dan upaya untuk memberikan pendidikan universal bagi kaum perempuan.
 
Pada tahun 2009, Yousafzai mulai dikenal publik setelah menulis tentang kehidupan di Lembah Swat yang saat itu di bawah kendali militan Tehrik-e Taliban Pakistan. Kelompok ini menguasai Lembah Swat pada akhir tahun 2007 dan melarang pendidikan bagi kaum perempuan di wilayah tersebut pada tahun 2008. Tehrik-e Taliban Pakistan terus memberlakukan larangan belajar sampai mereka diusir oleh militer Pakistan pada pertengahan 2009.
 
Pada tanggal 15 Oktober 2012, Yousafzai diterbangkan ke Inggris untuk mendapat perawatan intensif di Queen Elizabeth Hospital di Birmingham setelah dokter Pakistan mengatakan ia membutuhkan perawatan khusus.
 
Islam mengajarkan bahwa semua Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, harus mendapatkan pendidikan. Dalam sebuah hadis populer, Nabi Muhammad Saw bersabda, "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina."
 
Namun, sekarang kita menghadapi situasi di mana Tehrik-e Taliban Pakistan melarang pendidikan dan meledakkan sekolah-sekolah anak perempuan di Pakistan. Dan di seberang perbatasan, kelompok Taliban Afghanistan juga menghancurkan sekolah-sekolah anak perempuan di negara itu.
 
Kedua kelompok tersebut menyerang, melukai dan membunuh gadis-gadis muda yang pergi ke sekolah untuk mengenyam pendidikan.
 
Apa yang akan mereka katakan kepada Allah Swt pada hari kiamat? Apakah kitab suci al-Quran melarang kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan?
 
Kelompok teroris telah melakukan dosa besar dan merendahkan perempuan, padahal Islam sendiri memerintahkan umatnya untuk menjaga kehormatan dan martabat perempuan.
 
Dunia Islam tertinggal jauh saat ini. Oleh karena itu, masyarakat Muslim sangat membutuhkan sebuah gerakan besar, sebuah Kebangkitan Islam untuk mencapai kemajuan.
 
Di banyak belahan dunia Islam, kita menyaksikan kemiskinan, kelaparan, buta huruf, standar hidup yang rendah dan ekonomi yang buruk. Banyak Muslim tidak memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang memadai dan air bersih, dan anak yatim yang menderita di negara-negara Muslim akibat kemiskinan dan perang.
 
Dunia Islam hanya dapat terangkat jika serius memperhatikan masalah pendidikan, karena pendidikan adalah kunci untuk pembangunan. Harus ada jihad pendidikan untuk mengangkat dunia Islam dan memulai Kebangkitan Islam.
 
Setengah dari umat Islam adalah perempuan. Oleh sebab itu, jihad pendidikan tidak pernah bisa berhasil jika kaum perempuan tidak diberi akses ke pendidikan. Siapapun yang menentang jihad pendidikan, berarti mereka telah membantu musuh-musuh Islam untuk mempertahankan keterbelakangan Muslim.
 
Jelas bahwa dengan menentang pendidikan bagi kaum perempuan, kelompok Taliban telah membantu musuh-musuh Islam dan menghambat Muslim untuk maju. (IRIB Indonesia/RM/NA)

Tags:


Comments


Name
Mail Address
Description